Minggu, 30 Oktober 2011

Praktek Mekanisasai Pertanian


setelah sekian lama gak pernah maen lumpur apalagi turun ke sawah, hari ini akhirnya turun juga.
dengan sempat bingung malamnya mikirin pake baju n celana apa yang harus sesuai dress code ke sawah,, akhirnya memilih pake celana bahan panjang yang digulkung pe lutut... padahal pake kerudung lhooh.haha
praktek ini dilakukan di areal persawhan belakang BPTP Banten.
Tanpa alas kaki aku dan teman2 berjalan menuju tempat traktor.
lumayan jauh berjalan kaki, lumayan mengeluarkan keringat.
*deket siy..cuma berhubung aku udah gak pernah berolahraga,, jadi weh kerasa banget capeknya.hehe

Traktor itu diletakkan di lahan pesawahan yang masih ditumbuhi rumput namun tergenang air.
Pak dosen menjelaskan bagian2 traktor itu..berhubung ingin melihat lebih jelas dand ekat,, aku turun deh and blesss...hangatnya lumpur mulai terasa.hihi

setelah dijelaskan kemudian diajarkan cara menghidupkan traktor atau biasa disebut "ngengkel"... beberapa teman mencoba,, namun yang perempuan gak ada satupun yang berhasil, termasuk aku yang waktu itu dipaksa turun dan mencoba oleh teman2.haha

seru siy...
dan yang gak kalah seru waktu aku nyobain membajak lahan yang tergenang itu menggunakan traktor dengan "gelebeg".
ih waaaaw...awal ngejalaninnya serasa badan aku ketarik m traktor,,
*badan gede gak jadi jaminan bisa ngganya bawa traktor dengn seimbang
ketika aku bawa dalam arah lurus siy lumayan enak biasa,, tapi ketika haarus memmbelokkan arah traktor itu,, kembali badan aku terbawa rasanya seperti terlempar ke arah kaan, alhasil kaki aku loncat dan brussh lumpur-lumpur nempel k celana n baju aku..haha
seru seru seru...

meskipun saat menunggu antrian menggunakan traktor,, ditemukan banyak kelabang dan ular tanah..
fiuuh ternyata pekerjaan petani tak kalah banyak resikonya dengan pekerja bangunan yah..
ular tanah itu terkenal dengan bisa yng mematikan.
kala itu ular tanah untung masih didalama lubang...tpepat dibelakang aku berdiri.salah satu teman aku yang mmeberitahu bahwa ada kepala ular melet-melet..dan akhirnya bapak petani yang membimbing menggunakan traktor itu buang ular tersebut...
alhamdulillah yaaah... :)

Tidak ada komentar: